Rancangan Struktur Kurikulum 2013 SD/MI


Sejak pertama kalinya rencana perubahan kurikulum ini diumumkan, sampai sekarang senantiasa menuai pro dan kontra serta menjadi perbincangan hangat dimana - mana. Mulai dari dihapusnya beberapa mata pelajaran sampai dengan waktu penerapan yang terkesan dipaksakan. Tindakan menghapus dan mengurangi mata pelajaran Bahasa Inggris, IPA dan IPS ini dinilai sangat tidak tepat. Namun apa daya, mulai Juni 2013 kurikulum baru ini akan diresmikan sebagai pengganti KTSP, dan ini tentunya akan menambah wacana Sejarah Perubahan Kurikulum di Negara Indonesia.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, dibentuknya Kurikulum 2013 merupakan salah satu bagian dari strategi pemerintah meningkatkan pencapaian pendidikan. Sedangkan orientasi Kurikulum 2013 ini, terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 sebagaimana tersurat dalam penjelasan Pasal 35 : "Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati".

Untuk itu yang menjadi pertimbangan untuk mengembangkan Kurikulum 2013 yaitu :
1. Perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output) memerlukan penambahan jam pelajaran.
2. Kecenderungan akan banyaknya negara berkembang belakangan ini mulai menambah jam pelajaran.
3. Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat.
4. Walaupun pembelajaran di Finlandia relatif singkat, tetapi didukung dengan pembelajaran tutorial.
5. Kompetensi masa depan yang antaranya meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, dan kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda.
6. Fenomena sosial yang mengemuka seperti perkelahian pelajar, narkoba, korupsi, kecurangan dalam berbagai jenis ujian, dan gejolak sosial.
7. Persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.

Untuk memaksimalkan uji publik serta agar setiap tanggapan dapat disahuti dengan baik guna pengolahan lebih lanjut, pelaksanaan uji publik ini dilaksanakan dengan mekanisme mengunduh rancangan Kurikulum 2013 yang tersedia dalam bentuk PDF pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id. Jika ada tanggapan yang ingin disampaikan, lebih lanjut bisa melalui email : ujipublik.kurikulum@kemdikbud.go.id.


Nah, untuk Bapak/Ibu guru yang ingin melihat Rancangan Struktur Kurikulum 2013 ini secara lengkap silahkan anda klik tulisan dibawah ini :


Semoga Bermanfaat..

Diposting Oleh : Ismadi Putra

Ismadi Putra Anda sedang membaca artikel tentang Rancangan Struktur Kurikulum 2013 SD/MI. Anda diperbolehkan mengcopy paste isi blog ini, namun jangan lupa untuk mencantumkan link ini sebagai sumbernya. Beritahukan kepada saya jika ada Link yang rusak atau tidak berfungsi.

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung di blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan tidak mengandung spam.